Buku Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD/TK -->

Buku Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD/TK

Friday, December 21, 2018

Buku Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD/TK

Kelompok usia anak mempengaruhi penataan ruangan dan jumlah anak yang dapat diterima di satuan PAUD. Semakin muda anak yang dilayani, semakin luas keperluannya untuk bergerak. Di samping itu semakin muda usia anak maka rombongan belajarnya semakin kecil. Dalam Standar PAUD ditetapkan:
1. Rombongan belajar untuk kelompok usia 0 – 2 tahun adalah 4 anak/kelompok
2. Rombongan belajar untuk kelompok usia 2 – 4 tahun adalah 8 anak/kelompok
3. Rombongan belajar untuk kelompok usia 4 – 6 tahun adalah 15 anak/kelompok Kebutuhan jumlah pendidik pun berbeda. Semakin muda kelompok usia anak, rasio guru dan anak semakin kecil.
Mainan di ruang luar:
1. Bebas dari bahan yang berbahaya.
2. Penataan sarana cukup luas bagi anak bergerak bebas, tidak perlu berdesakan.
3. Ketinggian mainan sebaiknya tidak lebih dari 1.5 meter dan tingkat kemiringannya sekitar 400 .Bak pasir dipastikan dalam kondisi aman dan bersih.
4. Dasar seluncuran cukup lembut.
5. Dipastikan tidak mudah patah atau putus.
6. Dikontrol dan diperbaiki secara reguler. Sebaiknya tidak terkena langsung terik matahari.
7. Seluncuran, ayunan, jungkitan, dan sarana bermain outdoor dalam kondisi baik dan catnya tidak mengandung toxin.
8. Jika bahan menggunakan kayu, dipastikan permukaan kayu licin untuk mencegah anak tertusuk serpihannya.

Buku Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD/TK

Lingkungan adalah guru ketiga bagi anak. Dari lingkungan, anak belajar tentang
kebersihan, kerapian, disiplin, kemandirian, semangat pantang menyerah, dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu, lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini harus direncanakan, ditata, dimanfaatkan, dan dirawat secara cermat agar mampu mendukung pencapaian hasil belajar yang telah ditetapkan bersama.

Lingkungan belajar, baik di dalam maupun di luar mempengaruhi apa dan bagaimana anak belajar. Lingkungan yang mengundang; mendorong dan membantu anak bereksplorasi, bereksperimen; memanipulasi benda dan alat
main secara bermakna, menyenangkan, dan menantang kemampuan berpikir mereka membuat kegiatan pembelajaran menjadi semakin menyenangkan.

Selengkapnya, langsung saja unduh Buku Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD/TK dengan klik Link dibawah ini.

(UnduhBuku Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD/TK

Semoga file Buku Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD/TK ini bermanfaat dan berguna untuk mengelola sarana dan prasarana pada sekolah PAUD/TK.