Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK PAUD KB
Apa Pengertian Kurikulum?
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Pasal 1 angka 19)
Apa itu KTSP?
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk PAUD adalah kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD. Artinya, kurikulum ini dibuat oleh satuan pendidikan disesuaikan dengan karakteristik satuan PAUD seperti keadaan lingkungan, peserta didik, pendidik, sarana dan prasarana, biaya, dan nilai-nilai yang mendasari, serta program yang akan dilakukan oleh satuan PAUD.
Mengapa KTSP?
KTSP diperlukan sebagai acuan atau panduan lembaga untuk:
1. menyelenggarakan program lembaga
2. melaksanakan berbagai layanan dilembaga
3. melaksanakan proses pembelajaran dan melakukan evaluasi hasil belajar
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Pasal 1 angka 19)
Apa itu KTSP?
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk PAUD adalah kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD. Artinya, kurikulum ini dibuat oleh satuan pendidikan disesuaikan dengan karakteristik satuan PAUD seperti keadaan lingkungan, peserta didik, pendidik, sarana dan prasarana, biaya, dan nilai-nilai yang mendasari, serta program yang akan dilakukan oleh satuan PAUD.
Mengapa KTSP?
KTSP diperlukan sebagai acuan atau panduan lembaga untuk:
1. menyelenggarakan program lembaga
2. melaksanakan berbagai layanan dilembaga
3. melaksanakan proses pembelajaran dan melakukan evaluasi hasil belajar
Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK PAUD KB
Faktor-faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Mengembangkan KTSP?
Dalam melakukan pengembangan KTSP memperhatikan:
• keragaman geografis,
• keragaman potensi sumber daya,
• ketersediaan sarana dan prasarana yang berbeda antarsatuan pendidikan,
• keragaman latar belakang dan kondisi sosial budaya,
• karakteristik lembaga (misal: lingkungan, sosial , peserta didik, visi, misi, keagamaan, inklusif),
• dll.
Selengkapnya, langsung saja unduh Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK, PAUD, KB dengan klik Link dibawah ini.
(Unduh) Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK, PAUD, KB
Semoga file Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK, PAUD, KB ini bermanfaat untuk melengkapi perangkat pembelajaran di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas.
Faktor-faktor Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Mengembangkan KTSP?
Dalam melakukan pengembangan KTSP memperhatikan:
• keragaman geografis,
• keragaman potensi sumber daya,
• ketersediaan sarana dan prasarana yang berbeda antarsatuan pendidikan,
• keragaman latar belakang dan kondisi sosial budaya,
• karakteristik lembaga (misal: lingkungan, sosial , peserta didik, visi, misi, keagamaan, inklusif),
• dll.
Dalam melakukan pengembangan KTSP memperhatikan:
• keragaman geografis,
• keragaman potensi sumber daya,
• ketersediaan sarana dan prasarana yang berbeda antarsatuan pendidikan,
• keragaman latar belakang dan kondisi sosial budaya,
• karakteristik lembaga (misal: lingkungan, sosial , peserta didik, visi, misi, keagamaan, inklusif),
• dll.
Selengkapnya, langsung saja unduh Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK, PAUD, KB dengan klik Link dibawah ini.
(Unduh) Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK, PAUD, KB
Semoga file Buku Pedoman Penyusunan KTSP TK, PAUD, KB ini bermanfaat untuk melengkapi perangkat pembelajaran di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas.