Buku Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013 -->

Buku Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013

Friday, December 28, 2018

Buku Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013

Pembelajaran yang baik dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian. 

Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, Guru PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan anak.

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya, dan kebutuhan individual) anak.

Buku Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013

Apa dan Bagaimana Penyusunan Program Semester?
Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema, serta kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu
setiap tema. Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester Penyusunan program semester dilakukan dengan langkah berikut.
1. Membuat daftar tema satu semester. Pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.

2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan sub-subtema memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar pendukung. Pengembangan tema dapat dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.

3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, subtema dan atau sub-subtema. Waktu pembahasan setiap tema/subtema/sub- subtema disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber/media yang tersedia.

4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), fi sik-motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem), bahasa, dan seni.

5. KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
6. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.

Selengkapnya, langsung saja unduh Buku Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013 dengan klik Link dibawah ini.

(UnduhBuku Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013

Semoga file Buku Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD/TK Kurikulum 2013 ini bermanfaat untuk pelaksanaan pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas.