Buku Seri "Ayo Kenali Bakteri dan Virus TK/PAUD -->

Buku Seri "Ayo Kenali Bakteri dan Virus TK/PAUD

Thursday, July 9, 2020

Buku Seri "Ayo Kenali Bakteri dan Virus TK/PAUD

Pada kesempatan ini, Ruang Guru PAUD akan berbagi file mengenai Buku Seri "Ayo Kenali Bakteri dan Virus TK/PAUD atau untuk usia 4-6 tahun. Sebelum bapak/ibu guru mendownloadny, simak penjelasan dalam buku tersebut.
Kebijakan Pemerintah dalam mencegah penularan virus Corona (COVID-19) mengharuskan anak-anak untuk tinggal dan belajar di rumah. Dengan demikian, orangtua berperan sepenuhnya sebagai guru bagi anak-anaknya.

Banyak hal yang bisa Ayah Bunda lakukan agar anak-anak tetap asyik dapat belajar di rumah. Selain mendampingi anak saat mengerjakan tugas dari guru, Ayah Bunda juga dapat merancang kegiatan bersama anak. Anak dapat dilibatkan untuk membantu pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, merapikan perabot, atau memasak bersama orang tua. 

Ayah Bunda juga dapat mendongeng, membacakan buku, atau membuat karya kreatif dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Kegiatan tersebut sangat berguna untuk membangun kelekatan anak dengan Ayah Bunda, mengembangkan karakter, sekaligus menstimulasi perkembangan anak.

Buku Seri "Ayo Kenali Bakteri dan Virus TK/PAUD


Kurikulum pendidikan anak usia dini pada dasarnya untuk melatih kecakapan hidup dan memperkuat karakter yang dibutuhkan anak untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut. Peran orang tua sangat penting dalam membangun kecakapan dan karakter tersebut. 


Salah satu pilar karakter yang sangat penting adalah rasa ingin tahu. Kegiatan dalam buku ini merupakan salah satu contoh kegiatan untuk membangun kecakapan hidup dan rasa keingintahuan anak. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menstimulasi aspek perkembangan anak yang mencakup nilai-nila agama dan moral, fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial- emosional, dan seni untuk mendukung kesiapan anak bersekolah.

Adapun pengertian Cerita bergambar atau sering juga disebut komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya cerita bergambar dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks.

Kelebihan menggunakan buku Cerita sebagai media pembelajaran menurut Virginia Walter, Ph.D, anggota perkumpulan profesor di Universitas California, AS mengatakan, jika mendongeng atau membacakan buku anak secara berulang bisa membantu meningkatkan pengembangan logika berpikir anak.

Untuk selengkapnya, langsung saja download file Buku Seri "Ayo Kenali Bakteri dan Virus TK/PAUD dengan klik Link di bawah ini.


Sumber file: anggunpaud.kemendikbud.go.id