Forum Diskusi Modul 1 Pedagogik Konsep Dasar, Rasional dan Landasan Pendidikan -->

Forum Diskusi Modul 1 Pedagogik Konsep Dasar, Rasional dan Landasan Pendidikan

Wednesday, October 7, 2020

 Ruanggurupaud.blogspot.com - Forum Diskusi Modul 1 Pedagogik Konsep Dasar, Rasional dan Landasan Pendidikan Daring PPG ini admin bagikan untuk bapak/ibu guru terpanggil Pendidikan Profesi Guru ( PPG) sebagai bahan persiapan untuk belajar sebelum melaksanakan Daring atau pembelajaran secara online dengan Dosen pembimbing dengan mengerjakan beberapa tugas yang telah disediakan di aplikasi LMS.




1. Capaian Pembelajaran
Saudara mahsiswa, Modul 1 Kegiatan Belajar 1 ini membahas materi tentang Konsep Dasar, Rasional, dan Landasan Ilmu Pendidikan. Materi tersebut diuraikan secara rinci agar dapat memfasilitasi Anda dalam upaya mencapai kemampuan menerapkan berbagai landasan ilmu pendidikan dalam praktik pendidikan untuk mendukung tugas Anda sebagai pendidik yang memesona yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian.

2. Sub Capaian Pembelajaran
Adapun sub capaian pembelajaran untuk mendukung capaian pembelajaran
tersebut di atas adalah:
a. Menjelaskan konsep dasar dan rasional perlunya landasan pendidikan sebagai
dasar dalam praktik pendidikan.
b. Menjelaskan berbagai landasan ilmu pendidikan
c. Menerapkan berbagai landasan ilmu pendidikan dalam praktik pendidikan

3. Pokok-pokok Materi
Adapun pokok-pokok materi yang akan disampaikan dalam kegiatan belajar
1 dalam modul 1 mata kuliah Pedagogik ini adalah:
a. Konsep dasar, rasional, ilmu pendidikan
b. Landasan-landasan ilmu pendidikan
c. Penerapan berbagai landasan ilmu pendidikan dalam praktik pendidkkan

Rangkuman

Landasan pendidikan merupakan seperangkat asumsi yang dijadikan titik tolak dalam praktik pendidikan. Melalui studi pendidikan diperoleh pemahaman tentang landasan pendidikan yang akan dijadikan sebagai titik tolak dalam praktik pendidikan yang akan dilaksanakan. Hal tersebut dimulai dengan memahami hakekat manusia, di mana manusia sebagai pelaku utama yang memiliki peran sebagai subjek di dalamnya. Hakekat manusia dapat dilihat dalam beberapa aspek yaitu berdasarkan asal-usulnya manusia sebagai makhluk Tuhan, struktur metafisiknya manusia sebagai kesatuan jasmani dan rohani, serta karakteristik dan makna eksistensinya di dunia yang bisa dilihat sebagai makhluk individu, makhluk sosial, makhluk berbudaya, makhluk susila, dan makhluk beragama. 

Manusia memiliki tanggung jawab untuk membina masyarakat, memelihara alam lingkungan, membina kerukunan hidup bersama, dan memelihara martabat kemanusiaannya (human dignity), sehingga sepatutnya manusia perlu memiliki kompetensi pedagogik terlebih lagi bagi seorang pendidik. Melalui kompetensi ini pendidik dituntut untuk memiliki kemampuan dan trampil dalam melihat karakteristik peserta didik dari berbagai aspek kehidupan, baik itu moral, emosional maupun intelektualnya. 

Landasan pendidikan sebagai pijakan dalam praktik pendidikan diantaranya yaitu landasan filosofis dan epistemologi, landasan yuridis, landasan empiris, dan landasan religius. Landasan filosofis pendidikan adalah pandangan-pandangan yang bersumber dari filsafat pendidikan mengenai hakikat manusia, hakikat ilmu, nilai serta perilaku yang dinilai baik dan dijalankan setiap lembaga pendidikan.

Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Landasan epistimologi pendidikan adalah pandangan-pandangan yang bersumber dari cabang filsafat epistimologi yang disebut juga teori mengetahui dan pengetahuan.

Untuk selengkapnya, langsung saja download file Forum Diskusi Modul 1 Pedagogik Konsep Dasar, Rasional dan Landasan Pendidikan Daring PPG di bawah ini

Forum Diskusi Modul 1 Pedagogik Konsep Dasar, Rasional dan Landasan Pendidikan Download