RPPM adalah rencana pelaksanaan pembelajaran selama seminggu yang memuat Kompetensi Dasar (KD) dari setiap program pengembangan, yaitu (1) Nilai Agama dan Moral, (2) Fisik Motorik, (3) Kognitif, (4) Bahasa, (5) Sosial Emosional dan (6) Seni. Muatan atau materi pembelajaran serta rencana kegiatan main untuk satu minggu dilakukan dalam rangka mencapai KD-KD tersebut.
Penyusunan RPPM dilakukan melalui langkah-langkah berikut:
- Menetapkan Kompetensi Dasar (KD). Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), Fisik-Motorik (FM), kognitif (KOG), bahasa (BHS), sosial-emosional (SOSEM), dan seni (SN). KD yang ditetapkan dalam RPPM dipilih dari KD yang ada di dokumen 1 KTSP.
- Menuliskan materi pembelajaran untuk setiap KD. Rumusan materi pembelajaran dapat dilihat di dalam dokumen 1 KTSP masing-masing satuan PAUD.
Menyusun kegiatan pembelajaran untuk 1 minggu. Kegiatan pembelajaran yang disusun haruslah menarik, menyenangkan, dan membuat anak aktif di rumah. Aktivitas yang disusun disesuaikan dengan tema dan lingkungan belajar anak di rumah.
Guru harus menyampaikan aktivitas pembelajaran ini kepada orang tua sehingga orang tua dapat melaksanakannya di rumah. Orang tua dapat memilih kegiatan main mana dulu yang akan dimainkan bersama anaknya. Bilamana anak tidak tertarik dengan tema atau kegiatan yang dirancang guru, maka orang tua dapat mengganti dengan tema atau kegiatan main yang lain. Guru dan orang tua harus mengomunikasikan bersama bilamana ada perubahan yang terjadi. Berapa jumlah kegiatan main yang perlu disediakan orang tua? Maka untuk hal ini, diserahkan kepada orang tua dengan melihat ketertarikan anak dan kemampuan orang tua.
Bilamana dinilai kemampuan orang tua hanya dapat membimbing anak bermain dengan 1 kegiatan, maka tidak masalah. Yang terpenting belajar di rumah menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendukung perkembangan anak. Meskipun kegiatan main yang disampaikan kepada orang tua adalah untuk satu minggu, namun komunikasi antara guru dan orang tua dapat dilakukan setiap hari. Yang penting adalah dijaga kontinuitas komunikasi antara guru dan orang tua, serta antara guru dan anak. Komunikasi ini juga dilakukan untuk mengetahui minat anak, kesulitan yang dialami oleh orang tua, saran/masukan orang tua, maupun capaian perkembangan anak.
Untuk selengkapnya, silahkan download RPPM PAUD TK A Semester 2 Usia 4-5 Tahun di bawah ini.
RPPM PAUD TK A Semester 2 Usia 4-5 Tahun Unduh File