Hallo selamat datang kembali di Ruang Guru Paud, tempat berbagi informasi serta file administrasi untuk para guru PAUD dan ayah bunda yang peduli pada pendidikan anak usia dini. Pada kesempatan ini, admin akan bagikan mengenai contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 yang bisa bapak/ibu guru gunakan untuk persiapan pelaksanan pembelajaran di kelas.
Sebelum bapak/ibu guru mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) atau Rencana Kegiatan Harian RKH kurikulum 2013 ini, perlu diketahui bahwa RPPH PAUD di bawah ini adalah sebagai contoh atau acuan untuk penyusunan RPPH di Sekolah PAUD masing-masing dan bisa bapak/ibu kembangkan.
Panduan Pengembangan RPPH/RKH Kurikulum 2013
Berikut ini adalah rambu-rambu dalam menyusun RKH / RPPH PAUD:
Berdasarkan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD, Dokumen KTSP terdiri dari :
- Dokumen 1 berisi sekurang-kurangnya: visi, misi, tujuan satuan pendidikan, program pengembangan dan materi pembelajaran, pengaturan beban belajar, kalender pendidikan dan program tahunan, dan SOP.
- Dokumen 2 berisi perencanaan program semester (Prosem), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang dilengkapi dengan rencana penilaian perkembangan anak
Format RPPH/RKH PAUD Kurikulum 2013 MInggu 2
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal : Senin, Juli
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Wajahku
2. Materi Dalam Kegiatan
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
Membaca gambar yang memiliki kata: mata, hidung, telinga, lidah
Menyebutkan kegunaan mata, hidung, telinga, lidah
Lagu “Dua Mata Saya”, dan cerita ”Rini Sakit Mata”
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Gambar bentuk lengkung mata.
Bagian wajah boneka yang diberi nama
Buku Seri Diri Sendiri halaman 9
Membaca gambar yang memiliki kata:
mata, hidung, telinga, lidah
Menyebutkan kegunaan
mata, hidung, telinga, lidah
Menyebutkan nama gambar yang memilki
tulisan: bagian wajah dari boneka yang diberi tulisan
Melakukan 1 perintah: menunjuk nama bagian wajah yang disebut guru
Menebalkan garis lengkung ”mata”
Menirukan adik merangkak mengambil gambar mata
Mendengarkan cerita ”Rini Sakit Mata”